Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Kalori Harianmu - Bakoel Sehat
Cara Mudah Menghitung Kebutuhan Kalori Harianmu
menghitung-kebutuhan-kalori-dengan-kalkulator

Ingin diet kamu berhasil? Kuncinya, perhatikan kebutuhan kalori harian mu!

Mengetahui jumlah kalori yang kamu butuhkan setiap harinya dapat membantu kamu memperkirakan jenis makanan, intensitas olahraga, dan aktivitas yang dilakukan ketika kamu sedang diet. Kalori juga membantu agar seluruh organ kamu berfungsi dengan baik.

Ada beberapa cara untuk menghitung kebutuhan kalori harianmu. Cara yang sering dan mudah digunakan adalah dengan menghitung Basal Metabolic Rate (BMR). BMR adalah jumlah kalori minimal yang diperlukan tubuh setiap harinya.

Faktanya, selama tidak berolahraga atau bahkan ketika kita masih tidur, tubuh tetap melakukan pembakaran kalori. Artinya, ketika kamu tidak beraktivitas maka tubuhmu akan membakar kalori sebanyak nilai BMR itu.

Cara Menghitung BMR

Setiap orang memiliki nilai BMR yang berbeda tergantung dari usia, jenis kelamin, tinggi badan, dan berat badan. Tapi, Sahabat Sehat tidak perlu pusing. Karena, kami akan memberikan rumusnya.

BMR Pria:

66 + (13,7 × berat badan) + (5 × tinggi badan) – (6,8 × usia)

BMR Wanita:

655 + (9,6 × berat badan) + (1,8 × tinggi badan) – (4,7 × usia)

 

Setelah menghitung BMR, kamu sudah mengetahui kebutuhan minimal kalori tubuhmu. Tapi, jangan lupa kalau tubuh juga butuh kalori untuk bergerak, berjalan, dan aktivitas fisik lainnya.

Oleh karena itu, setelah menentukan BMR selanjutnya kamu perlu mengalikan BMR dengan tingkat aktivitas fisik seperti berikut ini.

Sangat jarang berolahraga: BMR × 1,2

Berolahraga 1-3 hari seminggu: BMR × 1,4

Berolahraga 3-5 hari seminggu: BMR × 1,55

Hasil akhir inilah yang menjadi perkiraan kebutuhan kalori harian kamu.

 

Contoh Menghitung Kebutuhan Kalori

Agar lebih mudah memahami cara menghitung kalori per harimu, kami juga sudah siapkan contohnya.

wanita muda yang sedang ingin diet

Ada seorang wanita bernama Ani. Ia kini berusia 25 tahun dan memiliki berat badan 58 kg serta tinggi badan 163 cm. Dalam sehari-hari, ia sangat jarang berolahraga karena sibuk dengan pekerjaannya dan aktivitas di rumah.

Maka BMR-nya:

655 + (9,6 × 57) + (1,8 × 160) – (4,7 × 25) = 1372,7

Kebutuhan kalori harian-nya:

1372,7 × 1,2 = 1647 kalori per hari.

Berarti BMR Ani adalah 1373 kalori, sedangkan kebutuhan kalorinya adalah 1647 kalori.

 

Tapi tenang, jika kamu tidak ingin pusing-pusing menghitungnya secara manual, kamu bisa kok menggunakan Kalkulator Kebutuhan Kalori untuk menghitung BMR dan kebutuhan kalori harianmu.

Bagaimana Jika Kamu Ingin Menurunkan Berat Badan?

Setelah menghitung BMR dan kebutuhan kalori, berarti berapa kalori yang perlu kamu konsumsi agar berat badan turun? Nah, kamu bisa mengambil contoh dari si Ani.

Jika Ani ingin menurunkan berat badan, maka Ani perlu mengonsumsi kalori lebih sedikit dari 1647 kalori, namun tetap harus lebih dari 1373 kalori. Kamu ga perlu mengurangi porsi makan kok buat nurunin berat badan, apalagi sampai lebih rendah dari BMR. Karena dietmu jadi tidak sehat nantinya.

Biar ga bingung, kira-kira seperti ini gambarannya.

Menurunkan Berat Badan: 1373-1647 kalori.

Menaikkan Berat Badan:  >1647 kalori.

Nah Sahabat Sehat, itulah cara menghitung kebutuhan kalori harianmu. Gimana, mudah bukan?

Ayo turunkan berat badanmu dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Pas banget nih, Bakoel Sehat juga menyediakan sayuran organik yang cocok buat diet lho. Yuk, cek sayurnya sekarang!

 

Yuk, Belanja Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published.